Jenis-Jenis Bisnis Rumahan yang Bisa di Coba!

Kumpulan Tips, Trik, Cara Mendapatkan Uang dari Internet dan Tips Lainnya

Selasa, 01 Januari 2013

Jenis-Jenis Bisnis Rumahan yang Bisa di Coba!

Apa saja jenis-jenis bisnis rumahan yang bisa anda coba? Bisnis rumahan yang saya maksud disini adalah bisnis yang bisa dikerjakan di rumah. Ada banyak peluang bisnis rumahan yang bisa anda jalankan. Yang menjadi modal utamanya adalah adanya kemauan besar dari anda untuk memulainya. Motivasi anda dalam membangun bisnis rumahan ini sangat penting. Baru di ikuti dengan modal uang yang diperlukan.


Ada banyak jenis-jenis bisnis rumahan yang bisa anda jalankan. Tentu saja sebelum memutuskan untuk membuka bisnis rumahan, ada baiknya dulu untuk melakukan survey dan perencanaan yang matang. Kemudian, baru memutuskan untuk memulai membuka bisnis rumahan ini.

Artikel kali ini akan membahas apa saja jenis-jenis bisnis rumahan yang bisa Anda geluti dengan banyak keuntungan. Selamat menyimak. 

 Jenis-Jenis Bisnis Rumahan


1. Warung Makan

Dengan memiliki keterampilan memasak Anda bisa membuka bisnis rumahan, yaitu bisnis warung makan. Gunakan resep-resep favorit keluarga atau resep yang sudah Anda kuasai pembuatannya. Jangan tergiur untuk membuat banyak resep, mulailah dengan 3-4 jenis dahulu. Tambahkan jenisnya jika penjualan mulai stabil. Dengan modal kurang dari 1juta, bisnis ini sudah dapat dimulai. Modal untuk bahan-bahan masakan Rp 500.000,. – Rp 1000.000,. Omzet per hari untuk warung makan sederhana ini berkisar Rp 100.000,.- Rp 200.000,.

Peluang usaha rumahan warung makan ini cukup diminati, hanya saja anda memerlukan tempat tambahan untuk menyediakan meja dan kursi untuk pembeli yang ingin makan di tempat. Apabila anda kekurangan tempat untuk itu, anda bisa mengganti usaha rumahan ini dengan usaha rumahan katering makanan. Dengan katering makanan, anda bisa menghemat tempat dan bahkan menghemat modal anda!

2. Menyalurkan hobi dengan berbisnis aneka kue

Pilihlah jenis kue –kue yang paling banyak diminati dan paling cocok dikonsumsi sehari-hari. Seperti: brownies kukus, bolu, pastel, risoles, kue lapis, lumpia dll. Manfaatkan hari-hari istimewa seperti momen ulang tahun atau lebaran untuk menerima orderan kue kering dan cake. Jika rumah Anda berada dilokasi yang strategis, mulailah untuk membuka display di garasi atau di teras rumah. Bisnis makanan tergolong paling menguntungkan, mulai dari 50% hingga 100%. Perputaran uang dalam bisnis ini lebih cepat, karena makanan hampir selalu dibayar tunai. Jadi setelah semua biaya dihitung, tambahkan minimal 50% sebagai keuntungan dalam menghitung harga jualnya. Misalnya 1 resep lumpia ( jadi 30 buah) memerlukan biaya  Rp 40.000. Jika lumpia dijual Rp 2000 per buah maka keuntungannya (Rp 60.000 – Rp 40.000 = Rp 20.000 atau 50%). Dalam menentukan harga jual jangan segan memberikan diskon atau pelayanan khusus untuk pembeli dalam jumlah besar, agar volume penjualan meningkat.

3. Kerajinan merajut

Untuk membuka peluang usaha merajut, tidaklah membutuhkan modal yang besar. Yang dibutuhkan adalah ketrampilan dalam merajut dan mampu menghasilkan produk yang bervariasi. Produk paling mudah yang sering diproduksi diantaranya tempat handphone, tas, taplak meja, bandana, topi maupun peci. Karena proses produksinya cukup rumit dan membutuhkan waktu yang tidak sedikit, maka tak heran jika harga jual produk rajutan dihargai sesuai tingkat kesulitan, kerumitan dan lama pengerjaan. Namun untuk beberapa produk yang mudah dalam pengerjaanya dihargai dengan harga yang murah pula, misalnya saja untuk produk tempat handphone rajut dibandrol dengan harga Rp 5000,. – Rp 15.000,. Modal awal untuk usaha rajut ini berkisar Rp 300.000,. – Rp 500.000,. yang terdiri dari bahan baku benang rajut, aksesorisnya, buku panduan merajut, jarum (hakken), gunting. Omzet per hari untuk penjualan tempat handphone saja : Rp 5000,. x 5 tempat handphone =Rp 25.000,. Keuntungan per bulannya bisa mencapai Rp 600.000,. – lebih.

4. Bisnis pulsa elektrik

Dewasa ini, isi ulang pulsa elektrik dapat ditemukan di manapun karena usaha ini sangat mudah dan sederhana untuk dilakukan. Anda yang ingin menjalankan bisnis rumahan ini tidak memerlukan banyak tenaga, hanya dengan bermodalkan telepon genggam dan uang minimal Rp 100.000,. Anda sudah dapat memulainya. Konsumen perdana Anda dapat dimulai dari kalangan keluarga, teman, ataupun tetangga. Bisnis rumahan pulsa elektrik ini paling mudah di jalankan dan tidak memerlukan modal besar.

5. Jasa Pengetikan

Konsumen Anda dalam bisnis rumahan jasa pengetikan adalah yang tidak memiliki waktu banyak untuk mengetik sendiri naskah atau tugas-tugasnya, maka Anda dapat mengambil peluang tersebut untuk menjadikan usaha yang menjanjikan. Yang harus Anda persiapkan dalam menjalani bisnis adalah komputer, printer, scanner dan juga waktu luang yang relatif banyak. Modal awal yang dibutuhkan berkisar Rp 8-Rp 9 juta, namun jika Anda sudah memiliki komputer dan printer sebelumnya, maka dapat menekan pengeluaran biaya peralatan.

6. Bisnis Internet

Wah yang ini yang paling saya sukai. Ini benar-benar simple. Meskipun perlu keahlian khusus, tetapi keahlian khususnya perlu di pelajari. Modalnya adalah 1 buah laptop, dan koneksi internet. Mungkin juga diperlukan beberapa panduan untuk menjalankannya. Kalau di hitung dengan laptop dan koneksi internet. Modalnya sekitar 3-5 juta. Peluang usaha rumahan ini sangat menjanjikan seiring dengan pengguna internet yang terus berkembang dari hari ke hari.

Itulah jenis-jenis bisnis rumahan yang bisa anda coba! Semoga artikel jenis-jenis bisnis rumahan ini bermanfaat. 


Artikel Terkait :  

# Cara Mendapatkan Uang Yang Benar
# Peluang Usaha Terbaik 2013
# Fakta Kerja Online di Internet
# Ide Bisnis Terbaik 2013
# Ide Bisnis Rumahan

Jenis-Jenis Bisnis Rumahan yang Bisa di Coba! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilawati Pristiani

1 komentar: