Tips Menurunkan Berat Badan (bagaian 1)

Kumpulan Tips, Trik, Cara Mendapatkan Uang dari Internet dan Tips Lainnya

Sabtu, 29 Januari 2011

Tips Menurunkan Berat Badan (bagaian 1)

Siapa  sih yang tidak menginginkan tubuh yang ideal? Semua pasti mau bukan? Karena tubuh yang ideal membuat kita tampil lebih meyakinkan dan menarik. Tetapi dalam kenyataan dalam presentasi yang cukup besar banyak orang yang tidak memiliki tubuh yang ideal. Mengapa? Jawabannya adalah karena pola makan yang tidak sehat dan tidak teratur.   Dan bagi banyak orang kegemukan merupakan mimpi buruk terutama bagi mereka yang sangat memperhatikan penampilan. Kegemukan juga akan menurunkan kepercayaan diri seseorang sehingga akan berpengaruh pada performance aktifitas  yang bersangkutan. 

Untuk mengatasi masalah kegemukan berikut ini adalah tips atau cara yang anda bisa praktekan untuk mengatasi kegemukan anda. Lakukanlah  secara konsisten. Jangan anda mengharapkan hasil yang memuaskan kalau melakukannya hanya setengah-setengah hati. Jangan hanya melakukannya  baru sebulan lalu berhenti karena jenuh atau karena pengaruh orang lain. Lakukanlah secara teratur dan konsisten. Tanamkan pada diri anda bahwa tujuan anda adalah menurunkan berat badan. 

1.Pertama-tama anda harus memperbaiki mindest atau pola pikir. Anda harus mempunyai mindset  sukses. Anda harus mengatakan pada diri sendiri “Saya harus bisa!!!”  Walaupun banyak kendala dan tantangan anda harus berusaha. Jika  anda mengenal seseorang yang berhasil menurunkan  berat badan  anda harus berkata pada diri anda “kalau dia bisa saya juga harus bisa”. Jadi dia pendorong anda. 

2. Jangan lupa sarapan setiap pagi. Makan pagi adalah suatu kewajiban. Jangan nanti anda merasa lapar baru anda makan. Karena dengan demikian anda akan makan begitu banyak. Tidak perlu sarapan makanan yang berat-berat. Cukup yang ringan-ringan saja yang penting bergizi dan sehat.  

3.Sediakan waktu sejenak untuk membaca kandungan gizi pada kemasan makanan. Yang perlu diperhatikan disini adalah kalori sebab zat inilah yang sangat berperanan dalam menambah berat badan anda bila dikonsumsi secara berlebihan. Sesuaikan kebutuhan energi/kalori anda dalam  sehari dengan catatan yang tertera dalam kemasan tersebut.

4.Jangan melakukan diet. Untuk jangka pendek memang diet akan menurunkan berat badan anda, namun bila diet anda hentikan maka berat badan anda akan bertambah kembali. Makan makanan yang aneh aneh untuk diet atau mengurangi beberapa jenis makanan tidak akan membuat berat badan anda turun. Yang penting dilakukan adalah memilih makanan yang seimbang nilai gizinya sesuai dengan kebutuhan tubuh anda sehingga kalori yang dimakan akan dimanfaatkan secara optimal.

5. Selalu makan secara teratur. Tubuh secara unik akan menurunkan metabolisme bila sedang lapar, hal ini tentu tidak bagus untuk  proses penurunan berat badan. Untuk menghindari hal tersebut maka buatlah pola makan harian yang bisa dan rutin anda lakukan setiap hari. Pastikan jadual makan anda tersebut sedikitnya 3 kali sehari.

6. Perbanyak konsumsi serat. Serat sangat penting untuk menjaga agar tubuh tetap  sehat. Serat yang kita makan sehari hari berfungsi untuk membantu menurunkan kolesterol dan memperlancar pengosongan saluran pencernaan. Serat juga bisa mempercepat rasa kenyang  sehingga secara alami mengurangi porsi makanan  yang tidak berguna. Sebagian besar serat mempunyai kandungan air yang tinggi dan kalori yang rendah sehingga sesuai dengan makanan yang kita butuhkan untuk menurunkan berat badan.

7. Makanan sehat selalu menjadi pilihan utama. Pilihlah makanan yang sedikit mengandung lemak jenuh. Perbanyak konsumsi buah buahan dan sayur sayuran. Pilih minyak sayur sebagai sumber lemak karena mengandung lemak tak jenuh dalam porsi tinggi. Makan makanan yang banyak mengandung Omega 3 seperti ikan.


8. Olah raga. Sesuaikan olah raga yang anda pilih dengan kondisi tubuh anda. Salah satu olah raga yang sehat, murah dan bisa dilakukan oleh semua orang adalah jalan kaki. Berjalanlah minimal 5 kilometer sehari. Usahakan selalu untuk menambah jarak anda berjalan. Ingat, olah raga tidak hanya menurunkan berat badan anda tetapi juga membuat tubuh anda
lebih sehat.

9. Buang kebiasaan ngemil di malam hari. Ngemil di malam hari akan menghancurkan upaya anda
menurunkan berat badan sebab kalori yang anda makan setelah makan malam akan tertimbun di dalam tubuh. Menggosok gigi setelah makan malam turut membantu anda untuk mengurangi keinginan untuk ngemil.

10. Perbanyak konsumsi protein. Memakan makanan yang mengandung protein dalam jumlah banyak akan membuat perut anda kenyang dalam beberapa jam sehingga mengurangi kebutuhan anda akan makanan yang mengandung kalori tinggi.

Silahkan baca kelanjutannya di postingan berikutnya......

Tips Menurunkan Berat Badan (bagaian 1) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar: