Tips Meningkatkan Daya Ingat

Kumpulan Tips, Trik, Cara Mendapatkan Uang dari Internet dan Tips Lainnya

Rabu, 29 Juni 2011

Tips Meningkatkan Daya Ingat


Apakah anda seorang pelupa? Jika ia, tulisan ini akan sangat bermanfaat bagi anda. Anda mungkin pernah mengalami kejadian-kejadian yang menyebalkan dikarenakan lupa akan: nama teman baru atau teman lama Anda, password ATM, komputer atau website Anda, di mana menyimpan kunci rumah Anda, di mana meletakkan kacamata Anda, tugas-tugas yang harus segera dilakukan hari ini, judul film yang baru. Mungkin anda pernah mencari kaca mata anda ke mana-mana padahal anda menyimpan kaca mata anda di kepala anda. Dan pengalaman-pengalaman lucu lainnya.
 Memang lupa seringkali membuat kita frustasi dan memalukan. Lupa akan hal-hal tersebut di atas adalah suatu tanda betapa sibuknya kita. Mungkin akan beruntung bagi Anda yang termasuk orang yang rajin mencatat segala sesuatunya, mengorganisasinya baik pada catatan manual maupun elektronik seperti ponsel.

Namun, bagi Anda tipe orang yang tidak suka mencatat dan yang tidak mempunyai akses terhadap alat-alat bantu elektronik, atau bagi Anda semua yang ingin meningkatkan daya ingat otak Anda, ada beberapa  tips meningkatkan daya ingat otak kita sebagai berikut:

1. Tips Mengingat Nama Teman / Kolega / Konsumen Anda
Putuskan bahwa Anda benar-benar ingin mengingat namanya. Kita akan dapat mengingat nama kenalan kita kalau ada niat untuk mengingat namanya. Melupakan nama seseorang terjadi karena tidak ada niat untuk mengingatnya.  

2. Tips Mengingat Password ATM atau Website
a. Bentuklah nomor-nomor Anda
Buatlah satu bentuk untuk setiap nomor, sebagai contoh: 0 seperti bola atau ring; 1 adalah pena; 2, angsa (swan);3 seperti borgol tangan; 4, perahu layar; 5, seorang wanita hamil; 6, pipa cerutu; 7, boomerang; 8, mainan anak snowman; dan 9 adalah raket tenis. Untuk mengingat PIN ATM (katakanlah 4298), imajinasikan diri Anda sedang ada di sebuah perahu layar (4), ketika angsa (2) berusaha menyerang Anda. Anda memukulnya dengan raket tenis (9), dan angsa berubah menjadi snowman (8).

b. Menyamakan bunyi akhir nomor-nomor password Anda dengan  kata-kata tertentu
(Rhyming).
Pikirkan kata-kata yang mempunyai bunyi akhir yang sama dengan nomor-nomor 1 s.d. 9 (contoh batu dengan 1, andalan untuk 9, dll.) Kemudian buatlah suatu cerita menggunakan kata-kata yang mempunyai bunyi akhir sama, misal password Anda 1973, batu (1) andalan (9) terlempar menuju (7) ke iga (3) musuh.  

3. Tips Mengingat Di  Mana Meletakkan Kunci Rumah / Kacamata
a. Merunut/mengurutkan kejadian-kejadian.
Beri perhatian pada apa yang sedang Anda lakukan pada saat Anda meletakkan kunci rumah atau kacamata Anda pada meja terakhir. Ingatkan diri Anda, “Saya menyimpan kunci rumah dalam saku celanaku,” sehingga Anda mempunyai ingatan yang jelas melakukan hal ini.
b. Buatlah suatu kebiasaan (habit).
Letakkan tempat penyimpanan  (wadah) kecil pada sisi meja. Usahakanlah diri Anda untuk meletakkan kunci-kunci, kacamata, ponsel, atau barang-barang lain yang biasa digunakan dalam suatu wadah tersebut – setiap saat. 

4. Tips Mengingat Aktivitas / Tugas-tugas
Harus Dikerjakan Anda bisa terapkan teknik  Roman Room, yaitu menggunakan ruangan-ruangan dalam rumah Anda atau lokasi-lokasi di sekitar rumah Anda – atau apapun yang Anda tahu dengan baik – sebagai penghubung sesuatu yang Anda ingin ingat.
Misalkan Anda (ibu-ibu) suatu hari harus melakukan tugas-tugas rumah: memfotokopi dokumen penting, mengambil kalung Anda yang direparasi, menabung ke bank, dan membeli susu anak. Normalnya, mungkin Anda akan mencatat hal-hal tersebut untuk memastikan tidak ada yang terlewatkan nantinya.

Namun, Anda pun bisa juga mengingat tugas-tugas tersebut dengan mempraktikkan teknik Roman Room dan menggambarkan Anda berjalan di belakang rumah
kemudian melihat lembaran-lembaran kertas berserakan di lantai dan suami Anda terpeleset di atasnya (memfotokopi dokumen). Anda kemudian menuju ruang keluarga dan melihat kucing Anda tidur di sofa, memakai kalung yang bersinar (mengambil kalung). Kemudian Anda menggambarkan di sekitar pojok dinding berpola dapur Anda menyerupai suatu pola tagihan Rp 2.000.000 (menabung ke bank). Akhirnya, Anda membayangkan berjalan menuju ruang makan dan Anda mendapati banyak banyak anak-anak  kecil sedang minum susu (membeli susu anak).

Demikianlah Tips Meningkatkan Daya Ingat. Semoga bermanfaat.



Tips Meningkatkan Daya Ingat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar: