Inilah Harga Saham Facebook Yang Mau Penawaran Perdana Atau IPO

Kumpulan Tips, Trik, Cara Mendapatkan Uang dari Internet dan Tips Lainnya

Senin, 13 Juni 2011

Inilah Harga Saham Facebook Yang Mau Penawaran Perdana Atau IPO

Facebook, Inc berencana untuk meningkatkan penjualan saham perdananya (IPO) senilai US$ 10,6 miliar, jauh melebihi apa yang pernah dilakukan oleh perusahaan teknologi seperti Google.co sehingga nilai pasarnya mendekati Amazon.com.

Perusahaan jejaring sosial yang baru berumur 8 tahun sejak dimulainya proyek di kamar asrama Mark Zuckerberg di Harvard itu berencana menjual sahamnya di kisaran US$ 28 hingga US$ 35 per saham pada hari Kamis waktu setempat. Dengan demikian, nilai dana yang akan diraih antara US$ 77 miliar hingga US$ 96 miliar. Penilain tersebut mencerminkan pertumbuhan perusahaan dan harapan meningkatnya pendapatan dari iklan perdagangan.

"Kami belum pernah melihat IPO saham teknologi sebesar ini,” kata Lise Buyer, seorang pelaku pasar IPO dari penasehat perusahaan Class V Group. Buyer, yang pernah bekerja untuk penawaran perdana Google tahun 2004 lalu, mengatakan, "Perusahaan yang sudah sebesar ini dan telah mencatat dan mencetak uang sangat besar, tinggal bagaimana untuk ke depannya,”

Facebook diperkirakan akan memperoleh dana sekitar US$ 12 miliar dengan target harga tertingginya. Jika penjatahannya habis terjual, termasuk opsi greenshoe, perusahaan bahkan dapat meraih dana maksimal hingga US$ 13,6 miliar, menurut prospekus yang dirilis Kamis waktu setempat.

Namun, Facebook hanya akan mendapatkan setengahnya atau sekitar US$ 5,6 miliar dari perkiraan US$ 10,6 miliar. Adapun US$ 4,9 miliar lainnya merupakan hak pemegang saham lainnya. Kisaran harga penawaran akan disesuaikan dengan respon yang terjadi di Wall Street nantinya.

Para investor diperkirakan akan sangat antusias terhadap saham perusahaan jejaring terbesar di dunia ini, meskupun ada kekhawatiran terhadap pertumbuhan jangka panjang dan mayoritas kontrol dari Mark Zuckerberg.

"Investor masih nyaman dengan valuasi ini,” kata Sam Schwerin of Millennium Technologi Partner yang memiliki saham Facebook senilai US$ 200 juta. Perusahaan tersebut tidak menjual sahamnya dalam penawaran perdana.

Dengan kisaran US$ 28 hingga US$ 35 membuat para investor khawatir bahwa Facebook akan dijual dengan harga tertingginya karena besarnya animo investor. "Jumlah yang ditawarkan patut dicatat. Pemegang saham akan menjual senilai US$ 5 miliar dalam penawaran perdananya, jumlah yang sangat besar,” kata Schwerin.

Eksekutif Facebook dijadwalkan akan melakukan road show ke kota–kota besar di Amerika, dimulai dari New York, Chicago, dan Boston, dan berakhir di markas Facebook di Menlo Park, California. Zuckerberg dijadwalkan akan ikut berpartisipasi dalam tur tersebut selama dua minggu.


Mark Zuckerberg saat IPO roadshow

"Keterlibatan Zuckerberg dalam road show akan menjadi perhatian investor yang ragu terhadap strategi jangka panjang perusahaan dan potensi pendapatannya,” kata analis dari Pivot Research Group.

Minggu lalu, Facebook melaporkan pendapatan di kuartal pertama 2012 mengalami penurunan. Hal ini mengindikasikan bahwa pertumbuhan pendapatannya sudah mulai terbatas menjelang penawaran perdananya. Sahamnya harus mulai diperdagangkan dalam waktu sekitar satu hingga dua minggu ke depan. Dalam video yang berdurasi 31 menit untuk roadshow yang di-posting hari Kamis, Zuckerberg meramalkan bahwa dalam lima tahun ke depan, setiap aplikasi perangkat lunak akan diintegrasikan dengan Facebook.

Facebook, yang berencana akan mendaftarkan sahamnya di Nasdaq dengan kode FB, telah mengoda investor dengan prospek mega IPO. Raihan dana yang akan diperoleh jauh melebihi dari perusahaan teknologi sebelumnya seperti Google senilai US$ 2 miliar, Groupon US$ 700 juta, serta Zinga yang meraup dana segar US$ 1 miliar.

Jika target Facebook tercapai, maka nilainya akan mencapai sekitar US$ 100 miliar sehingga akan menyaingi nilai pasar Amazon.com dan Cisco System Inc yang sedikit di atas US$ 100 miliar.

Bagi para karyawan, sahamnya akan dikunci dan tidak dapat dijual selama 151 hari hingga 181 hari setelah IPO menurut keterangan dalam prospektus.
Sebagai info tambahan, Zuckerberg sendiri akan menawarkan 30,2 juta dari 533,8 juta sahamnya dalam penjualan tersebut. Setidaknya dia sebagai pribadi ingin meraup sebanyak US$1,1 miliar. Mayoritas hasil pelepasan saham ini akan digunakan untuk membayar pajak. Entitas lain yang juga berafiliasi, Digital Sky Technologies dan Goldman Sachs Group Inc (GS) akan menjual saham parsial dalam menawarkan.

Beli apa tidak ya?
(Bloomberg, Reuters)

sumber

Inilah Harga Saham Facebook Yang Mau Penawaran Perdana Atau IPO Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar: