Menulis : Kapan dan Dimana pun!

Kumpulan Tips, Trik, Cara Mendapatkan Uang dari Internet dan Tips Lainnya

Selasa, 05 Juli 2011

Menulis : Kapan dan Dimana pun!

Saya sangat suka menulis, menulis apa pun. baik tulisan motivasi, tulisan bisnis atau apa pun. Itu mengapa saya akhirnya menyukai aktivitas blogging.

Saya menulis di saat kapan saya bisa menulis. Saya meluangkan waktu sedikitnya 10 jam dalam sehari untuk menulis artikel.

Saya menulis di saat saya sehat, kurang sehat ataupun sakit. Intinya saya menulis, kapan dan di manapun. Mudah-mudahan saja saya menjadi penulis.

Ternyata menulis itu gampang, Anda tinggal keluar kan saja isi kepala anda, jadi deh sebuah tulisan. Apalagi kalau tahu rumusnya. Rumusnya adalah Yakni 5W + 1H. Rumus macam apa itu? Sederhana sekali: W1 = What, W2 = Who, W3 = When, W4 = Where, W5 = Why,  H = How.

WHAT adalah apa yang akan kita tulis. Tema apa yang ingin kita ungkapkan. Hal apa yang ingin kita tuangkan dalam tulisan. What ini bisa apa saja. What yang kita tentukan ini akan menjadi dasar untuk 4W lainnya. WHO adalah siapa tokoh yang menjadi tokoh utama di WHAT. Who harus menjadi bagian yang berkaitan dengan What. Kalau kita ketemu Who yang tidak dikenal target pembaca kita, maka kita harus mengupasnya dengan baik sehingga jelas keterkaitannya dengan What.

WHEN adalah waktu kejadian WHAT. Ini yang sering diabaikan oleh banyak penulis pemula. Kapan kejadiannya akan memberi tambahan informasi dan imajinasi pembacanya.

WHERE adalah tempat kejadian WHAT. Meski kelihatannya sepele, tempat kejadian ini punya makna. WHY adalah mengapa terjadi WHAT. Ini yang paling menarik karena bisa dikupas dari berbagai sudut.

HOW adalah bagaimana WHAT terjadi, bagaimana prosesnya, lika-likunya, dan sejenisnya.
Yang jelas, dengan 5W+1H, tulisan kita dari segi kelengkapan informasi, sekali lagi: kelengkapan informasi, tidak akan mengecewakan pembaca kita. Kalau ada yang kecewa itu biasanya karena disebabkan oleh kekurangtepatan kita mengungkap WHY dan HOW-nya di mata pembaca.

Masih kurang faham? Tak masalah. Kalau pun tidak harus sesuai dengan rumus di atas. Anda bisa saja menulis lepas. Ya, asal nulis dengan bahasa anda sendiri. It's Ok!

Menulis : Kapan dan Dimana pun! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar: