Gio, Nagasari Khas Vietnam

Kumpulan Tips, Trik, Cara Mendapatkan Uang dari Internet dan Tips Lainnya

Senin, 01 Agustus 2011

Gio, Nagasari Khas Vietnam

Ghiboo.com - Di Indonesia beragam jajanan khas daerah bisa dinikmati. Mulai dari klepon, onde-onde, kue cucur, nagasari, serabi dan banyak lainnya. Tapi jangan salah, karena negara tetangga kita, Vietnam, juga banyak lho jajanan khasnya.

Uniknya lagi, beberapa jajanan khas Vietnam hampir mirip dengan jajanan khas Indonesia, hanya pengolahan dan warna serta kemasan yang berbeda. Salah satunya adalah Gio.

Gio adalah kue Vietnam yang biasa disajikan saat musim panas. Kue ini rasanya sangat manis dan gurih. Bahan utama kue ini adalah pisang.

Mungkin di Indonesia, kue ini bisa disamakan dengan kue Nagasari, yang beda hanyalah warna dan tampilannya. Kalau Nagasari dibungkus dengan daun pisang, maka Gio dicetak dalam loyang dan disajikan dengan potongan berbentuk segitiga. Dan kalau dari tampilan cenderung seperti puding.

Selain Gio, ada beberapa jajanan khas Vietnam yang juga mirip dengan jajanan khas Indonesia. Ada Nem chua, yang mirip dengan tempe di Indonesia. Nem Chua juga merupakan salah satu kue paling tersohor di Vietnam, proses pembuatanya tak jauh beda dengan tempe, yaitu melalui proses penjamuran. Yang membedakan hanyalah bahan dasar yang digunakan. Nem Chua menggunakan daging babi cincang.

Ada lagi, Banh Xeo. Boleh dibilang bahwa Banh Xeo adalah martabaknya Vietnam, kue ini tak beda jauh dengan martabak telur khas Indonesia, isinyapun hampir sama, yaitu telur, loncang, taoge, dan wortel. Kue ini banyak dijual di pusat perbelanjaan di kota Hanoi.

Ternyata, jajanan Indonesia dengan Vietnam tidak jauh beda ya?

Semoga artikel tentang Gio, Nagasari Khas Vietnam ini bermanfaat buat Anda!

Baca juga : cara menghasilkan uang lewat blog

Sumber

Gio, Nagasari Khas Vietnam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar: