Mengenal Bisnis Internet

Kumpulan Tips, Trik, Cara Mendapatkan Uang dari Internet dan Tips Lainnya

Minggu, 28 Oktober 2012

Mengenal Bisnis Internet

Mengenal Bisnis Internet - Artikel ini hanya di tujukan untuk pemula yang benar-benar belum mengenal bisnis internet. Dan mohon maaf kalau anda sudah mengenal bisnis internet dan ternyata artikel ini sudah basi untuk Anda!

Apa sih bisnis internet itu? mungkin di antara Anda masih belum mengenal bisnis internet. Untuk itu saya menulis artikel ini. Kata orang kalau "tak kenal maka tak sayang". Anda yang tidak tahu apa itu bisnis internet akan membuat Anda berpikir lain tentang bisnis ini, Ya, karena Anda tidak mengenalnya.


Apa itu Bisnis Internet? 
Secara umum, Bisnis Internet diartikan sebagai segala kegiatan komersial yang pada ujungnya menghasilkan sebuah keuntungan bagi pihak tertentu dimana kegiatan tersebut berlangsung di dunia maya dan tidak melibatkan tatap muka antara pihak-pihak yang terlibat. Jadi, antara pebisnis dan klien tidak perlu bertemu muka secara harfiah. Internet memang menjadi tempat pemasaran produk dan jasa yang paling menjanjikan saat ini, karena jangkauannya yang sangat luas hingga ke seluruh dunia.

Bagi para newbie istilah bisnis internet mungkin masih terasa asing ditelinga mereka atau bahkan ada yang baru mendengar istilah itu. Berkembang pesatnya dunia bisnis internet di Indonesia beberapa tahun belakangan ini bagaikan setali tiga uang dengan seiring semakin banyak dan murahnya koneksi internet di Indonesia. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi perkembangan bisnis internet atau internet marketing di Indonesia.

Sebenarnya inti dari sebuah bisnis (baik online atau offline) adalah menjual. Menjual apa saja, termasuk menjual produk atau jasa. Jadi, bisnis internet adalah jualan di dunia maya. Hanya saja, jualannya lebih mudah, karena kita tidak harus menawarkan satu persatu ke orang lain secara langsung. Cukup gunakan satu sales letter (tulisan yang di gunakan untuk menjelaskan produk) bisa menjangkau seluruh dunia. Itulah keunggulan bisnis internet.

Contoh Bisnis Internet

  1. Desain Grafis

  2. Pembuatan Website

  3. Coding atau Pemrograman Sofware atau Script
  4.  
  5. Penulisan Artikel

  6. Copywriting

  7. Pembuatan Transkrip

  8. Penerjemahan

  9. Melakukan SEO (Search Engine Optimization)

  10. Pengelolaan iklan PPC
Itu adalah sebagian contoh-contoh bisnis internet atau biasa saya sebut kerja online.  Kerja online adalah salah satu jenis bisnis yang bisa dikerjakan di rumah.

Persiapan Memulai Berbisnis di Rumah

Apa persiapan memulai bisnis internet? di sini saya kelompokkan menjadi 3 bagian yaitu persiapan mental, persiapan materi, dan persiapan skill. Sebelum membuka bisnis di rumah, sangat penting untuk mempersiapkan segala sesuatunya agar bisnis yang kita jalankan bisa meminimalisir kendala yang mungkin menghambat di tengah perjalanan kita berbisnis di rumah. Berikut penjelasan masing-masing.

1. Persiapan Mental

Ubah pola pikir dulu, siapkan mental ketika gagal, ketika sukses, siapkan mental. Kemudian tetapkan tujuan utama dan ingatlah selalu tujuan tersebut. Anda juga bisa memperkuat keyakinan akan sukses.

2. Persiapan Materi

Tentu saja untuk berbisnis di rumah perlu modal. Apa saja modal yang harus kita persiapkan? tergantung dengan jenis bisnis yang di pilih.Sebagai contoh apabila Anda ingin kerja online maka yang perlu di siapkan adalah seperangkat komputer atau laptop,modem, atau alat lain untuk koneksi internet. Untuk kerja online mungkin Anda perlu modal juga untuk hosting, domain, beli software, dan lain-lain. Yang pasti modalnya tidak sebanyak berbisnis konvensional lainnya. Seperti beli waralaba, atau bangun toko. So, kerja online memang memyenangkan!

3. Persiapan Skill

Bisnis apa saja perlu skill atau keterampilan. Sangat diperlukan keterampilan. Untuk itu Anda harus segera melatih keterampilan Anda.  Keterampilan ini di sesuaikan dengan jenis bisnis yang Anda pilih.

Anda juga bisa melakukan survey. Sebelum anda melangkah lebih jauh untuk memulai peluang bisnis rumahan, ada baiknya men-survey terlebih dahulu harga pasaran produk yang akan anda lepas ke pasaran, perhitungkan pula berapa modal yang anda habiskan untuk menjual sebuah produk.

Demikian artikel tentang mengenal bisnis internet ini. Terimakasih telah bersedia membaca!

Baca juga yang lainnya :  

# Cara Mendapatkan Uang
# Peluang Usaha Rumahan
# Langkah Memulai Kerja Online 
# Ide Bisnis Terbaik
# Cara Mendapatkan Uang yang Halal
 

    Mengenal Bisnis Internet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

    0 komentar: