Awas Bahaya Kanker Serviks Pada Wanita!

Kumpulan Tips, Trik, Cara Mendapatkan Uang dari Internet dan Tips Lainnya

Minggu, 19 Februari 2012

Awas Bahaya Kanker Serviks Pada Wanita!

Kanker serviks adalah penyakit kanker yang terjadi pada daerah leher rahim. Yaitu daerah pada organ reproduksi wanita yang merupakan pintu masuk ke arah rahim. Letaknya antara rahim (uterus) dengan liang senggama wanita (vagina). Kanker ini 99,7% disebabkan oleh human papilloma virus (HPV) onkogenik, yang menyerang leher rahim. Berawal terjadi pada leher rahim, apabila telah memasuki tahap lanjut, kanker ini bisa menyebar ke organ-organ lain di seluruh tubuh penderita.

Kanker serviks adalah penyakit yang dapat menyebabkan kematian pada wanita. Menurut WHO kanker ini sebagai penyakit pembunuh wanita no. 1 di dunia. Indonesia adalah negara dengan insiden kanker serviks tertinggi di dunia. Hal ini sangat memprihatinkan buat negara kita Indonesia. Untuk itu sejak dini kita harus mencegah bahaya kanker serviks ini. Setiap hari kanker serviks merenggut nyawa 600 wanita di dunia dan 20 wanita Indonesia (Data yayasan kanker Indonesia) atau 1 nyawa perjam.

Kanker ini bisa terjadi pada siapa saja, istri anda, ibu anda, saudara anda, family, teman, atau siapapun orang terdekat anda. Peluang meninggal kanker serviks adalah 63 %. Untuk itu kita perlu mencegah kanker serviks sebelum dia tumbuh. Banyak cara mencegah bahaya kanker serviks baik secara farmakologi ataupun nonfarmakologi. Secara farmakologi bisa dengan obat-obatan, baik obat kanker secara alami dari tumbuh-tumbuhan ataupun obat kanker sintetis. Obat-obat dari tumbuhan seperti daun sirih, buah majakani, lidah buaya. Kalau anda ingin lebih praktis, kini sudah hadir golden tissue yang mampu mencegah kanker serviks yang mengandung bahan-bahan di atas. Kini saatnya kesadaran kaum wanita untuk mencegah kanker serviks.

Faktor Penyebab Kanker Serviks.

1. Sering berganti ganti pasangan seksual.
Semakin sering berganti pasangan seksual, kemungkinan terjangkit virus HPV (Human papillomavirus) sebagai virus penyebab kanker serviks akan semakin besar. So, hindarilah ini!

2. Mulai melakukan hubungan seksual pada usia muda.
Melakukan seks sebelum usia 18 tahun bisa meningkatkan resiko terjangkit HPV. Sel atau jaringan reproduksi yang belum matang lebih rentan terkena HPV sehingga mudah terkena kanker serviks.

3. Penyakit Menular Seksual (PMS).
Kalau sebelumnya memiliki Penyakit Menular Seksual (PMS) seperti Clamidia, gonorhe, sifilis atau HIV / AIDS akan memperbesar kemungkinan terjangkit HPV. Hal ini juga berkaitan dengan point 1, apabila terlalu sering berganti-ganti pasangan selain juga rentan terkena AIDS akan rentan juga terkena kanker serviks.

4. Kekebalan Tubuh yang Lemah.
Kebanyakan wanita yang terinfeksi HPV tidak serta merta terkena kanker serviks. Namun, jika memiliki infeksi HPV dan sistem kekebalan tubuh melemah, seorang wanita akan lebih rentan terhadap kanker serviks.

5. Kebiasaan Merokok.
Memiliki kebiasaan merokok juga dapat menyebabkan kanker serviks. Mekanisme pasti yang menghubungkan rokok dengan kanker serviks belum diketahui, tetapi penggunaan tembakau bisa memicu perubahan sel prakanker menjadi kanker serviks, atau dari kanker tahap awal menjadi tahap lanjut.

6. Defisiensi vitamin A,E,C
Kekurangan  vitamin A,E,C juga mneyebabkan kanker serviks. Sementara mekanisme dari faktor resiko ini juga belum diketahui dengan pasti.

7. Melahirkan banyak anak
Melahirkan banyak anak juga bisa menyebabkan kanker serviks, hal ini mungkin dikarenakan oleh daya tahan rahim yang sudah melemah.

Awas Bahaya Kanker Serviks Pada Wanita! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilawati Pristiani

0 komentar: