Tips Mencegah Kanker, Tumor dan Kista

Kumpulan Tips, Trik, Cara Mendapatkan Uang dari Internet dan Tips Lainnya

Selasa, 28 Februari 2012

Tips Mencegah Kanker, Tumor dan Kista

Blog berbisnis di rumah kali ini akan memberikan tips Mencegah Kanker, Tumor dan Kista. Kanker dalam pengertian sederhana adalah : sel yang tumbuh secara terus menerus yang tidak terkendali, tidak terbatas, dan tidak normal (abnormal). Tumor adalah pertumbuhan sel serupa kanker tetapi jinak, yaitu sel-sel itu tumbuh terpisah dari jaringan-jaringan di sekitarnya dan bertumbuh dalam kapsulnya sendriri. Kista adalah tumor berupa kantung berisi cairan. Kista dapat timbul dibagian mana saja dari organ tubuh seperti pada ginjal, payudara atau pada  organ reproduksi yakni indung telur, leher rahim, dan rahim itu sendiri. 

Kanker telah menjadi penyebab kematian terbesar di seluruh dunia. Menurut data yang diambil dari situs Parkway Cancer Center, dari total 58 juta kematian di seluruh dunia pada tahun 2005, kanker merupakan penyebab dari 7,6 juta kematian (sekitar 13% dari seluruh kematian). Begitu seriusnya dampak dari kanker membuat sebagian besar orang dengan riwayat keluarga pengidap kanker mencoba berbagai cara untuk menghindari penyakit ini. Meskipun Anda tidak memiliki riwayat penyakit berbahaya tersebut, namun tidak ada salahnya Anda hidup sehat untuk cegah kanker dan berbagai penyakit lainnya, dengan melakukan cara-cara berikut yang dirangkum dari Women’s Day.

1. Menjaga Berat Badan Seimbang


Penelitian terbaru menunjukkan, kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko kanker usus besar, kanker hati, kanker pankreas, kanker esophagus (kanker kerongkongan), kanker endometrium (kanker di luar jaringan rahim), dan kanker payudara pasca-menopause. BMI atau Body Mass Index merupakan perhitungan untuk menentukan berat badan ideal dengan membandingkan jumlah berat badan dan tinggi badan.

Orang yang sehat memiliki jumlah BMI 18,5 hingga 24,9. Sedangkan risiko kanker ditemukan pada orang dengan jumlah BMI 23 atau lebih. Contoh cara penghitungan BMI, BB = 55 kg dan TB = 165 cm, maka BMI = (55) / (1.65) * (1.65) = 20,2.


2. Berjalan Kaki 10 Menit Setiap Hari

 
Laporan dari studi di University of California menunjukkan bahwa berjalan kaki 10 menit sehari bisa menurunkan risiko terserang kanker payudara. Dalam studi tersebut dinyatakan, wanita yang melakukan 45-60 menit olahraga seperti jalan cepat atau bersepeda selama selama setidaknya lima kali dalam seminggu dapat meningkatkan perlindungan tubuh terhadap kanker payudara atau kanker usus besar. 


3. Konsumsi Buah dan Sayur

 
Konsumsi buah dan sayur tidak hanya membuat berat Anda menjadi ideal, tapi makan buah dan sayur berwarna dapat menurunkan risiko kanker. 

"Kebiasaan yang sering dilakukan dalam diet sehat ini juga dapat mengurangi risiko terserang kanker, termasuk kanker paru-paru, mulut, kerongkongan, lambung, dan kanker usus besar," ujar Colleen Doyle, RD, Direktur Nutrisi dan Aktifitas Fisik untuk ACS.


4. Hindari merokok dan Menghirup Asap Rokok

 
Sebanyak 87% kematian atas kanker paru-paru disebabkan oleh kebiasaan merokok. Sekitar sepuluh tahun setelah Anda berhenti merokok, risiko kanker paru-paru berkurang setidaknya setengahnya, begitu juga risiko terserang kanker mulut, kandung kemih, dan kanker ginjal sangat berkurang, jelas Norman Edelman, MD, Kepala Medis dari America Lung Association. Jika Anda bukan perokok, maka Anda juga harus menjauhi orang-orang yang sering merokok, asap yang terhirup berefek sama dengan perokok. 


5. Hindari Alkohol

 Alkohol meningkatkan risiko Anda terserang kanker mulut, kanker rongga mulut (laring), kerongkongan, hati, dan payudara. Meski meminumnya hanya sedikit, namun dapat berdampak besar pada kesehatan tubuh. Tercatat dalam penelitian, wanita yang meminum alkohol selama seminggu dihubungkan dengan adanya peningkatan risiko kanker payudara. 

Selain 5 cara di atas, Anda juga bisa mengkonsumsi Golden Noni Tea yang sangat ampuh untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, salah satunya adalah kanker. Informasi order Klik Di SINI.

Tips Mencegah Kanker, Tumor dan Kista Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilawati Pristiani

0 komentar: