Kiat Menjalankan Puasa Ramadhan

Kumpulan Tips, Trik, Cara Mendapatkan Uang dari Internet dan Tips Lainnya

Jumat, 20 Juli 2012

Kiat Menjalankan Puasa Ramadhan

Kiat Menjalankan Puasa Ramadhan - Bulan Ramadhan akhirnya tiba tepatnya tanggal 21 Juli 2012. Dan hari ini, tepat hari pertama kita menjalankan puasa. Saya sebagai pengelola blog berbisnis di rumah, mengucapkan selamat berpuasa bagi muslim, Mohon Maaf Lahir Bathin, semoga amal ibadahnya di terima Allah SWT.

Dalam menjalankan puasa hendaknya kita punya kiat khusus agar puasa yang kita jalankan lebih maksimal. Sebagaimana kita ketahui, puasa di bulan Ramadhan wajib dan bagi yang menjalankannya akan mendapat pahala yang besar oleh Allah SWT. Nah, berikut adalah kiat menjalankan puasa Ramadhan :
1.   Gembira dan senang dengan datangnya bulan Ramadhan

Sebagaimana firman Allah swt : “Katakanlah (wahai Muhammad saw) Dengan Datang-nya Anugerah Allah Dan Rahmat-Nya, Maka Dengan Itu Hendaknya Mereka Bergembira” (QS Yunus 58)

2.   Bersyukurlah dan puji Allah atas kurnia Ramadan yang kembali diberikan kepada kita.
Al-Imam Nawawi dalam kitab Adzkar-nya berkata, ”Dianjurkan bagi setiap orang yang mendapatkan kebaikan dan diangkat dari dirinya keburukan untuk bersujud kepada Allah sebagai tanda syukur; dan memuji Allah dengan pujian yang sesuai dengan keagungannya.” Dan di antara nikmat terbesar yang diberikan Allah kepada seorang hamba adalah ketika dia diberikan kemampuan untuk melakukan ibadah dan ketaatan.
So, ketika Ramadhan telah tiba dan kita dalam keadaan sehat, kita harus bersyukur!
3.Rancanglah agenda kegiatan untuk mendapatkan manfaat sebesar mungkin dari bulan Ramadhan.
 Ramadhan sangat singkat. Ada baiknya mengisi waktu Ramadhan dengan amalan sebanyak mungkin.
4.Ada baiknya kita memperlajari hukum-hukum semua amalan ibadah di bulan Ramadhan. 
Wajib bagi setiap mukmin beribadah dengan dilandasi ilmu. Kita wajib mengetahui ilmu dan hukum berpuasa sebelum Ramadan datang agar puasa kita benar dan diterima oleh Allah. Kita bisa mempelajarinya lewat Al qur’an, atau dari buku-buku, internet, dan lain-lain.
5.Ada baiknya kita bertekad untuk meninggalkan dosa dan kebiasaan buruk. 
Bertaubatlah secara benar dari segala dosa dan kesalahan. Ramadhan adalah bulan taubat. Sebagaimana dalam Al Qur’an : “Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman, supaya kamu beruntung.” [An-Nur (24): 31].

6.Menyiapkan diri untuk berdakwah di bulan Ramadhan dengan ilmu
Seperti membuat catatan kecil untuk tazkirah tarawih serta selepas solat subuh dan zuhur serta membahagikan buku saku atau selebaran yang berisi nasihat dan keutamaan puasa.

7.Menyambut Ramadhan dengan membuka lembaran baru yang bersih. 
Kepada Allah, dengan taubatan nasuha. Kepada Rasulullah saw., dengan melanjutkan risalah dakwahnya dan menjalankan sunnah-sunnahnya. Kepada orang tua, isteri, anak, dan karib kerabat, dengan mempererat hubungan silaturrahim. Kepada masyarakat, dengan menjadi orang yang paling bermanfaat bagi mereka. Sebab, manusia yang paling baik adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain.

Kiat Menjalankan Puasa Ramadhan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar: