Apa Saja Alasan Anda Sehingga Anda Harus Berhenti Blogging?

Kumpulan Tips, Trik, Cara Mendapatkan Uang dari Internet dan Tips Lainnya

Selasa, 04 September 2012

Apa Saja Alasan Anda Sehingga Anda Harus Berhenti Blogging?


Apa Saja Alasan Anda Sehingga Anda Harus Berhenti Blogging? Berhenti blogging adalah hal yang harus di hindari. Meskipun anda memiliki salah satu alasan di bawah ini, saya tidak menganjurkan anda berhenti blogging. Tetapi, kalau anda tetap harus memutuskan untuk berhenti blogging, pastikan anda memiliki semua alasan di bawah ini, sebagai pertimbangan bahwa anda memang harus berhenti. Ketika alasan/kondisi berikut muncul, saat itu pulalah perjalanan blogging harus dipertimbangkan, berhenti atau jalan terus? Berikut adalah alasan anda sehingga anda harus berhenti blogging :

1. Setelah sekian waktu ngeblog, masih tidak tahu apa itu blog dan blogging. Ini sebenarnya bukan alasan utama anda. Bukan berarti anda harus berhenti karena alasan ini. Anda bisa saja meneruskan blogging karena anda bisa belajar.

2. Benci menulis. Jika menulis bukanlah hal yang disukai dan digeluti, untuk apa membuat blog?   Blogging is writing. Blog adalah online journal dan blogger adalah penulis (author). 

3. Masih terus berpikir bahwa blogging adalah sekedar copy paste konten blog lain dan mengisi blog dengan konten seperti itu. Anda tidak boleh berpikir seperti ini. Kalau sudah seperti ini, berarti anda boleh saja berhenti. Bagaimana bisa anda tetap ngeblog kalau anda sendiri tidak suka menulis.

4. Tidak punya waktu. Jika ngeblog hanya dipandang menghabiskan dan menyia-nyiakan waktu, maka ini adalah alasan paling kuat untuk berhenti ngeblog. Sebagaimana anda tidak suka menulis, kalau anda tidak punya waktu dan berpikir bahwa blogging adalah menghabiskan waktu saja, anda bisa berhenti dari dunia blogging.

5. Tidak memiliki keinginan belajar dan merasa tidak butuh mempelajari berbagai macam teknik blogging, baik dalam hal menulis maupun aspek-aspek penting lain. Blogging adalah sebuah pekerjaan yang memerlukan ketekuan dan kerja keras. Jadi, kalau anda tidak bisa tekun dan kerja keras, maka akan sulit untuk bertahan ngeblog.

6. Menulis hanya untuk search engine, membanjiri blog dengan keyword-keyword tanpa isi posting yang berguna atau pantas dibaca pengunjung. 

7. Berpikir bahwa blog hanya tentang mencari uang. Meskipun tujuan anda adalah mencari uang. Tetapi, tetap saja anda harus memperhatikan hal-hal lain seperti bagaimana menjalin persahabatan pada blogger lain, memperhatikan pengunjung, dan lain-lain.

8. Stress, merasa tidak enjoy dengan blog dan ngeblog (blogging), tidak sabar dalam mengikuti proses. Seperti yang saya katakan di atas, bahwa blogging perlu kerja keras dan ketekunan. Jadi, jika itu bukan bagian dari anda, anda bisa mempertimbangakn untuk berhenti blogging. Ingat ngeblog adalah kerja keras.

9. Tidak mau dan tidak mampu mencari ide dan referensi, tidak berusaha menguasai apa yang dituliskan, serta takut menyampaikan pendapat pribadi. A good writer masters what he writes. 

10. Berpikir bahwa blogging adalah sekedar aktivitas biasa dan bukan kreativitas yang menuntut pemikiran lebih.

Masih ada banyak alasan lain tentunya yang dapat menjadi pertimbangan untuk tidak meneruskan blogging. Alasan di atas tetap harus anda pertimbangkan lagi. Karena saya sama sekali tidak menyarankan anda untuk berhenti blogging.

Apa Saja Alasan Anda Sehingga Anda Harus Berhenti Blogging? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilawati Pristiani

1 komentar: