8 Hal yang Harus Di Hindari Dalam Blogging

Kumpulan Tips, Trik, Cara Mendapatkan Uang dari Internet dan Tips Lainnya

Sabtu, 01 September 2012

8 Hal yang Harus Di Hindari Dalam Blogging


8 Hal yang Harus Di Hindari Dalam Blogging - Ada beberapa yang harus di hindari dalam blogging. Dengan mengetahui hal-hal yang harus di hindari dalam blogging maka di harapkan bisa menghindari kita melakukan kesalahan activitas blogging. Biar bagaimanapun blogging bukan hanya sebuah kegiatan individual. Blogging tetaplah sebuah aktivitas yang bersinggungan dengan banyak orang, terutama pengunjung dan teman sesama blogger. Selain sebagai sebuah proses kreatif menulis dan memanage blog, seorang blogger seharusnya punya dimensi sosial yang amat luas (social networking). Dan pastinya, anda juga menginginkan blog anda dikunjungi banyak orang, memiliki pageview yang banyak, tulisan yang dihargai, dan ada pula yang menginginkan penghasilan yang melimpah.

Apapun motivasinya, banyak hal yang harus kita kedepankan untuk memiliki blog yang bagus. Selain itu kita pun perlu mengetahui hal-hal yang harus di hindari dalam blogging. Berikut adalah hal-hal yang harus di hindari dalam blogging :

1.  Blogging tanpa Planning

Sebuah rencana sangat penting untuk segala kegiatan dan pekerjaan, termasuk dalam blogging. Rencana disini bukan berarti sesuatu yang harus kompleks, akan tetapi lebih kepada susunan awal mengenai apa yang dilakukan ketika akan ngeblog, apa yang akan ditulis, apa yang akan disuguhkan kepada pembaca, apa tujuan dari artikel dan seterusnya hingga tujuan dari blog yang dibuat itu sendiri. Planning atau rencana akan menentukan banyak tahapan langkah selanjutnya ketika ngeblog dan membawa konsistensi dan semangat yang kuat. Buatlah rencana sesederhana apapun itu.

2.  Blogging tanpa Motivasi

Menulis artikel adalah suatu kegiatan yang menyenangkan apabila dilakukan dengan tulus dan memiliki motivasi yang tinggi. Anda harus menulis sesuai dengan motivais yang tinggi. Untuk mendapatkan motivasi tersebut maka anda harus menulis sesuai dengan bidang yang anda sukai dan sesuai dengan bidang keahlian anda. Sehingga anda dapat menulis dengan semangat yang tinggi (motivasi).

Menuliskan apa yang dipahami dan merupakan kegemaran akan nampak lebih hidup dan dapat ditulis dengan cepat daripada tulisan yang hanya ditulis karena tuntutan mengisi dan menambah artikel blog.

3.  Blogging tanpa Bersosialisasi

Kita perlu bersosialisasi (social networking) agar blog kita bisa cepat di kenal oleh orang. Sosialisasi sangat penting dan akan terasa manfaatnya. Anda bisa memperkenalkan blog anda pada social network yang tersedia seperti facebook dan twitter. Percayalah hal ini akan sangat membantu blog anda.

4.  Memuat artikel curian/copy-an tanpa sepengetahuan penulis aslinya

Apabila anda mengambil dari artikel blog lain maka sebaiknya anda mencantumkan sumbernya atau anda bisa langsung minta izin pada penulisnya. Dengan melakukan ini maka anda akan di nilai sebagai blogger yang terhormat, karena telah menghargai karya orang lain.

5.     Lama sekali tidak update artikel/posting.

Kalau anda lama sekali tidak update artikel maka hal ini akan berdampak pada menurunnya alexa ranking blog anda. Ini harus anda hindari sehingga rajin-rajinlah posting artikel.

6.               6        Blogging hanya untuk uang dan berlebih-lebihan (over-monetized)

 

Meskipun tujuan utama anda adalah mencari uang tetapi, jangan sampai hal ini terlihat berlebihan. Hal ini akan berdampak kurang baik pada blog anda. sebagai contoh adalah terlalu banyak memasang iklan pada blog. Dampak negatifnya adalah selain membuat blog anda loadingnya agak berat ini juga akan membuat pengunjung tidak betah di blog anda karena selain mengganggu pemandangan ini juga akan menyebabkan terganggunya pengunjung dalam membaca artikel.


7.  7.    Menggunakan widget yang terlalu berlebihan dan tanpa motivasi jelas (over-widgetized)

Sama halnya dengan over-monetized terlalu banyak widget juga akan mengganggu pengunjung. Ini harus di hindari.


8.     8. Menulis untuk Google dan bukannya untuk Pengunjung

Sebaiknya anda menulis untuk pengunjung bukan untuk google. Dengan begitu anda seperti berbicara pada pengunjung. Ini akan lebih di sukai pengunjung blog anda.

Demikian 8 Hal yang Harus Di Hindari Dalam Blogging. Semoga bermanfaat!


8 Hal yang Harus Di Hindari Dalam Blogging Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

1 komentar:

Jefferly mengatakan...

terima kasih atas tipsnya ya.